“Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya,

ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu.

Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu,

tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu.”

(Matius 7:24-25)

Selasa, 22 Januari 2019


BAHAN PEMAHAMAN ALKITAB
NATS: EFESUS 2:1-10
(Niken DP Nababan)

Ketika seseorang menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamatnya, berarti ia tunduk dan berbakti kepada Yesus sebagai Tuhan dan Allahnya. Seringkali orang Kristen tidak menyadari hal tersebut. Pada PA ini kita akan belajar tentang hidup baru dan bagaimana seharusnya kita bersikap setelah menerima hidup yang baru di dalam Kristus.

PERTANYAAN:

1.    Rasul Paulus menggambarkan perbedaan “hidup lama” (ayat 1-3) dan “hidup baru” (ayat 4-7). Temukan apa saja perbedaan tersebut!
2.    Apa alasan Allah memberikan hidup baru kepada manusia? Bagaimana Dia melakukannya? (ayat 4-6)
3.    Dapatkah seseorang memegahkan diri karena telah mengalami hidup baru dan menerima keselamatan? Mengapa? (ayat 8-9)
4.    Hidup baru berarti menyerahkan segala kehidupan kita kepada Allah yang kita kenal di dalam Yesus Kristus. Bandingkan dengan 1 Korintus 10:31 dan 2 Korintus 5:15. Bagaimana dengan kehidupan Anda sekarang; apakah Anda sudah memiliki hidup baru dalam Kristus? Ceritakanlah!
5.    Apa ciri-ciri hidup lama/kebiasaan buruk yang masih timbul dalam diri Anda? Ceritakanlah!
6.    Kita diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik … (ayat 10). Sebagai ucapan syukur akan anugrah Allah tersebut, apa yang dapat Anda lakukan untuk menggantikan hidup lama/kebiasaan buruk yang telah Anda ceritakan pada poin 5 di atas?
7.    Ambillah komitmen dan doakan dalam kelompok!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar